Selasa, 07 September 2010

Remove Install Cabin and Vessel Articulated Dump Truck

Remove Install Cabin and Vessel
Articulated Dump Truck

I. STRUCTURE & FUNCTION

1. Cabin operator
Sebagai tempat operator mengoperasikan unit maka cabin dirancang secara ergonomy untuk mendapatkan kenyamanan operasi dan jangkauan pandangan yang luas. Daun pintu dibuat lebar dan mudah dibuka saat akan masuk kedalam cabin. Pemasangan rubber pads mounting cabin akan mengurangi getaran dan kejutan yang terjadi, steering wheel dapat digerakkan tilting (maju-mundur) dan telescoping (naik turun) untuk menyesuaikan dengan postur atau fisik operator. Didalam cabin terdapat semua control operasi unit yang meliputi : steering wheel & combination switch, pedal accelerator, pedal brake & retarder, lever hoist, dan berbagai macam switch, dan komponen control lainnya.
2. Dump body extension
Plat besi baja yang ditambahkan pada side wall dump body dengan pengelasan, sehingga menambah kapasitas muatan. Ketinggian extention (+ 200 mm) ditentukan berdasarkan jenis material yang diangkut, untuk mendapatkan berat muatan sesuai dengan kapasitas angkut unit.
3. Exhaust heated dump body
Dump body dirancang mempunyai rongga didalamnya dan exhaust gas (engine) dialirkan kedalam rongga tersebut melalui flexible pipe. Sehingga panas exhaust gas akan diserap oleh dump body untuk memanaskan permukaan bdang kontak dengan material tanah yang diangkut, dengan demikian material (tanah) yang basah tidak dapat lengket.
4. Lock pin dump body
Lock pin yang dipasang sebagai safety pin saat dump-body diposisikan raise dan melakukan activitas repair atau maintenance pada chasis atau komponen yang berada dibawah dump body, sehingga mencegah bahaya terjepit, karena dump body turun dengan sendirinya atau terjadi kesalahan prosedur repair.
5. Rubber cushion (Cabin)
Rubber yang dipasang diantara cabin dengan chasis, karena rubber mempunyai sifat elastisistas yang tinggi sehingga akan mengurangi getaran atau kejutan yang terjadi pada cabin.
6. Spill guard
Plat baja yang dipasang pada bagian depan atas dan bagian samping luar side wall dump body yang berfungsi untuk mencegah material yang tumpah saat loading atau unit travel, agar tidak mengenai dan merusak roda (side spill guard) dan flexible pipe & parking brake (front spill guard)
7. Tail gate (option)
Tail gate dipasang pada bagian belakang dump body, sebagai pintu yang akan tertutup saat posisi dump body seating (duduk pada chasis) sehingga material muatan tidak tumpah, sedangkan saat posisi dumping, tail gate akan terbuka dengan mekanisme tarikan rantai yang dipasang pada kedua sisi arm mounting.
8. Vessel (dump body)
Sebagai attachment pada unit dumptruck dan dipasang diatas chasis dengan tumpuan pin pada bagian belakang chasis. Karena dump body digunakan sebagai tempat membawa material muatan, maka dapat diposisikan Dumping, saat membuang material dengan menggunakan cylinder hydraulic yang dipasang diantara chasis dengan dump body.
9. Wear plate
Logam yang tahan gesekan berupa plat yang dipasang pada permukaan bidang kontak material muatan, untuk mencegah terjadinya keausan atau kerusakan pada material asli dump body.


10. Rubber cushion (dump body)
Rubber cushion yang dipasang dan diikat bolt pada bagian kontak dump body terhadap chasis. Sehingga saat dump body seating dan unit travel, atau saat dump body diposisikan diturunkan (lower) setelah dumping, kejutan atau getaran yang terjadi akan diredam oleh rubber yang mempunyai sifat elastisitas. Agar efek peredaman dapat maksimal dan meningkatkan kestabilan maka pemasangan semua rubber pads harus merata bidang kontaknya terhadap chasis, yang dapat diadjust dengan menggunakan shim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut